E-Learning

Fakultas Psikologi - Jurusan Psikologi (S-1 )
Kembali Ke List Matakuliah

MUCHLIYANTO, Drs., M.Si

RABU 19:30 - 21:10
Pertemuan Materi
01
02

Pada pertemuan 01 ini kita akan bahas mengenai,

Psikologi konsumen dan ruang lingkupnya 

Dalam Pendahuluan ini akan disampaikan, 

- Pengertian psikologi konsumen 

- Sejarah singkat perkembangan psikologi konsumen 

- Perilaku konsumen dipandang dari sudut psikologis 

- Konsep yang berkaitan dengan psikologi konsumen 

- Perlunya mempelajari psikologi konsumen 

- Batasan psikologi konsumen 

Dan

Pada pertemuan 02 ini kita akan bahas mengenai,

Konsep dan pentingnya riset konsumen 

Dalam materi akan telaah tentang pentingnya Riset Konsumen,

- Hakekat riset konsumen 

- Metode dan teknik riset konsumen 

- Hal penting dalam melakukan riset konsumen 

- Manfaat riset konsumen 

- Contoh riset konsumen

Silahkan didownload materinya lebih lanjut.

Setelah men-download materi, buatlah kajian singkat mengapa dalam Psikologi Konsumen perlu dilakukan Riset Konsumen (dipersilahkan mencari sumber referensi lain, bebas, dari buku atau portal yang dijumpai). Dengan meng-upload kajian yang kalian buat, merupakan catatan kehadiran dan akan diberikan nilai.

Terima kasih.

Jika diperlukan diskusi bisa menggunakan,

Berikut Link Zoom Online kelas karyawan PSIKOLOGI

Mulai Pukul 17.00 Wib s/d Selesai

https://telkomsel.zoom.us/j/92802977314?pwd=zIOCX6oSAfhlLKHdydbkGGl3LXKYAa.1

Meeting ID: 928 0297 7314

Passcode: PSIUPIYAI


File Materi : Download
File Materi Tambahan : Download
03

Pada pertemuan 03 ini kita akan bahas mengenai,

Teori Psikologi Konsumen 

- Teori Ekonomi Mikro 

- Teori Psikologi 

- Teori Antropologi 

- Teori Sosiologi 

Silahkan didownload materinya lebih lanjut.

Setelah men-download materi, buatlah kajian singkat Kedudukan Psikologi dalam Psikologi Konsumen (dipersilahkan mencari sumber referensi lain, bebas, dari buku atau portal yang dijumpai). Dengan meng-upload kajian yang kalian buat, merupakan catatan kehadiran dan akan diberikan nilai.

Jangan lupa jadual Perkuliahan Offline, Sabtu 11 Oktober 2025 sebagaimana terlampir.

Terima kasih.

Jika diperlukan diskusi bisa menggunakan,

Berikut Link Zoom Online kelas karyawan PSIKOLOGI

Mulai Pukul 17.00 Wib s/d Selesai

https://telkomsel.zoom.us/j/92802977314?pwd=zIOCX6oSAfhlLKHdydbkGGl3LXKYAa.1

Meeting ID: 928 0297 7314

Passcode: PSIUPIYAI

Informasikan melalui WAG Kelas


File Materi : Download
File Materi Tambahan : Download
04

Pada pertemuan 04 ini kita akan bahas mengenai,

Budaya dan Perilaku Konsumen 

- Pengertian Budaya 

- Hakikat dan Fungsi Budaya 

- Budaya dan Konsumsi 

- Implikasi Budaya pada Perilaku Konsumen 

Silahkan didownload materinya lebih lanjut.

Setelah men-download materi, buatlah kajian singkat apa saja yang diperhatikan dari Budaya dan Perilaku Manusia untuk mempelajari Psikologi Konsumen (dipersilahkan mencari sumber referensi lain, bebas, dari buku atau portal yang dijumpai). Dengan meng-upload kajian yang kalian buat, merupakan catatan kehadiran dan akan diberikan nilai.

Terima kasih.

Jika diperlukan diskusi bisa menggunakan,

Berikut Link Zoom Online kelas karyawan PSIKOLOGI

Mulai Pukul 17.00 Wib s/d Selesai

https://telkomsel.zoom.us/j/92802977314?pwd=zIOCX6oSAfhlLKHdydbkGGl3LXKYAa.1

Meeting ID: 928 0297 7314

Passcode: PSIUPIYAI

Informasikan melalui WAG Kelas


File Materi : Download
05

Pada pertemuan 05 ini kita akan bahas mengenai,

Kelas Sosial dan Perilaku Konsumen 

- Pengertian Kelas Sosial 

- Ukuran Kelas Sosial 

- Dinamika Kelas Sosial

- Peran Kelas Sosial pada Perilaku Konsumen 

Setelah men-download materi, buatlah kajian singkat mengapa Kelas Sosial Manusia mempengaruhi Perilaku Konsumen (dipersilahkan mencari sumber referensi lain, bebas, dari buku atau portal yang dijumpai). Dengan meng-upload kajian yang kalian buat, merupakan catatan kehadiran dan akan diberikan nilai.

Terima kasih.

Jika diperlukan diskusi bisa menggunakan,

Berikut Link Zoom Online kelas karyawan PSIKOLOGI

Mulai Pukul 17.00 Wib s/d Selesai

https://telkomsel.zoom.us/j/92802977314?pwd=zIOCX6oSAfhlLKHdydbkGGl3LXKYAa.1

Meeting ID: 928 0297 7314

Passcode: PSIUPIYAI

Informasi selanjutnya melalui WAG Kelas


File Materi : Download
06

Pada pertemuan 06 ini kita akan bahas mengenai,

Kelompok Anutan dan Perilaku Konsumen 

- Pengertian Kelompok Anutan 

- Kekuatan Kelompok Anutan 

- Daya Tarik Selebriti dan Kelompok Anutan 

- Implikasi Kelompok Anutan pada Perilaku Konsumen 

Setelah men-download materi, buatlah 9 kelompok dimana setiap kelompok akan mendapat tugas seperti yang ada di slide 1 dan 2 materi yang disertakan. Setiap kelompok mendapat 1 tugas diantara poin 4 s.d. 12 seperti tertera di slide 1. Silahkan ketua kelasnya membagi kelompok dan membagi tugas untuk masing-masing kelompok (informasikan di WAG). Untuk memperkaya kajian silahkan mencari sumber referensi lain, bebas, dari buku atau portal yang dijumpai. Tugas kelompok ini diberi batas waktu 1 pekan dan dikirim ke email muchliyanto@gmail.com. Jangan lupa lakukan absen.

Terima kasih.

Jika diperlukan diskusi bisa menggunakan,

Muchlis Muchliyanto is inviting you to a scheduled Zoom meeting.

Topic: Muchlis Muchliyanto`s Personal Meeting Room

Join Zoom Meeting
https://us04web.zoom.us/j/9847458044?pwd=V3YyVFNGN2daQXd6TkZKRHNhTHFkQT09

Meeting ID: 984 745 8044
Passcode: 057599

Informasi selanjutnya melalui WAG Kelas


File Materi : Download
07
08
09
10
11
12
13
14